14 Nov 2017

Cara Mencegah Spam Masuk Email Anda

Siapapun yang memiliki alamat email pasti pernah atau sering menerima spam email. Spam memang tidak bisa dihindari, tapi setidaknya kita bisa mencegahnya. Cara mencegah spam yang ampuh adalah “Bagaimana agar email Anda tidak sampai ke para spammer?”.

 

Bagaimana Spammer Mendapatkan Email Anda?

Biasanya spammer akan segera mengirim email sampah ke alamat email Anda bila:

  • Anda menulis alamat email Anda kedalam Website publik (pada Website Anda, forum, social media, dsb.).
  • Anda berlangganan berbagai newsletter dan Anda setuju pada agreement tanpa Anda membacanya dengan teliti (misalnya Anda setuju untuk menerima email promosi).
  • Anda menerima email dari seseorang yang tidak Anda kenal dan Anda membukanya. Kalau email yang Anda buka menggunakan format HTML, begitu Anda membuka email itu maka spammer akan mengetahui bahwa alamat email itu adalah real, sehingga spammer akan terus mengirimi Anda email spam.
  • Level security browser Anda diset untuk menerima berbagai cookies dan controls, atau Anda dengan mudah menyetujui memasang atau menginstall file semacam itu.
  • Anda mengklik link atau attachement pada email yang Anda buka, meskipun Anda tidak kenal siapa yang mengirimnya.
  • Anda tidak menginstall program antivirus, atau menginstallnya tapi tidak pernah diupdate.

Secara teori kelihatannya sederhana, Anda tidak melakukan semua yang saya sebutkan di atas dan Anda terhindar dari spam. Pada kenyataannya, tidaklah mudah. Anda perlu berkomunikasi dengan orang lain melalui email, dan karenanya Anda memiliki alamat email. Anda pasti ingin menggunakan alamat email itu secara maksimal, bukan disembunyikan.

 

Cara Mencegah Spam Masuk Kedalam Email Anda

Berikut ini adalah 13 cara untuk mencegah agar spam tidak masuk kedalam email Anda, atau setidaknya untuk menghindari email Anda dari serbuan spam.

  1. Setidaknya Anda mempunyai dua account email. Satu account email digunakan untuk komunikasi publik (forum, komunitas, kartu nama, Website, social media, dll.) dan satu account email lagi untuk berkomunikasi dengan kontak yang sudah Anda percaya. Gunakan selalu email publik untuk registrasi account Internet. Dengan cara ini, memang Anda masih menerima spam pada email publik, tapi Anda juga punya email yang sedikit spam pada account email khusus.
  2. Kalau Anda ingin mencantumkan alamat email pada halaman Website, gunakan trik cheat spam spiders. Jangan tulis alamat email Anda seperti “[email protected]” tapi tulis dengan “budi_at_domain_dot_com”. Orang akan mengerti dengan alamat email yang ditulis seperti itu, tapi robot tidak akan memahaminya. Alternatif lain, gunakan image transparan untuk alamat email Anda (jadi Anda tidak menulis alamat email Anda).
  3. Baca Terms & Conditions. Ketika Anda berlangganan newsletter atau membuat account pada Website, baca Terms & Conditions dan jangan menyetujui pengiriman email yang tidak perlu. Jangan pilih untuk menerima promosi lewat email.
  4. Jika program email yang Anda gunakan ada pilihan plain text, set program email untuk menerima dan menampilkan email sebagai plain text, bukan sebagai HTML.
  5. Ketika menerima email spam, jangan melakukan atau mengklik unsubscribe. Kalau Anda tidak subscribe, maka tidak perlu unsubscribe. Banyak spammer yang mengirim email sampah dengan menambahkan link unsubscribe. Kalau Anda mengkliknya, maka spammer tau kalau email Anda aktif dan akan terus mengirimi spam.
  6. Jangan gunakan autoresponder. Dengan autoresponder, spammer akan tahu bahwa email sampah yang dia kirim sampai ke alamat email yang benar, sehingga dia akan terus mengirimi spam ke alamat email Anda.
  7. Jangan mengklik link, image atau attachment yang diterima dari sumber yang tidak dipercaya.
  8. Jangan menerima plug-in atau komponen ActiveX yang menggunakan invalid certificates.
  9. Set security browser Anda untuk tidak menerima 3rd party cookies (pada Internet Explorer setidaknya set ke Medium Level).
  10. Gunakan Live Update. Update sistem operasi, browser Internet dan software email client sesering mungkin. Spammer dan virus sering memanfaatkan celah keamanan komputer Anda.
  11. Gunakan program antivirus dan periksa update setiap hari. Spammer dan virus bergandengan tangan untuk mencari celah pada komputer Anda.
  12. Lapor spam. Melaporkan spam tidak menghentikan spam, tapi akan membantu team ahli untuk membuat software lebih baik.

Semoga dengan tip yang saya sampaikan di atas, spam yang masuk ke email Anda akan semakin berkurang.

 

Share this
19 Oct 2017

Mengatasi Error “503 valid RCPT Command Must Precede DATA”

Jika suatu saat program email Anda (terutama Microsoft Outlook) mengalami error “503 valid RCPT Command Must Precede DATA” pada saat pengiriman email, maka di bawah ini saya sampaikan beberapa langkah untuk mengatasinya.

 

Mengatasi Error 503

  • Apostrop – hapus setiap apostrop (tanda kutip single) atau karakter non-alfabet lain dari nama account email pada program email Anda.
  • VPN – kalau Anda mengirim email melalui VPN, maka akan muncul error ini. Coba putus koneksi VPN sebelum mengirim/menerima email.
  • Full mailbox – pastikan mailbox tidak penuh (melebihi quota). Anda bisa menghilangkan tanda check pada opsi berikut (peringatan: dengan menghilangkan tanda check ini maka setelah program email selesai mendownload seluruh email, maka data email yang ada di server akan dihapus). Dalam Outlook buka Tools > Account Setting > More Settings > Advanced > Uncheck “leave a copy of this message on the server.”
  • SMTP port – gunakan port 27 (sebagai pengganti port 25) untuk email keluar.
  • Server authentication – setup email keluar Anda untuk menggunakan outgoing server authentication (mengirim email dengan login menggunakan alamat email dan password email Anda). Dalam Outlook, buka Tools > Account Settings > More Settings > Advanced dan ubah outgoing server ke ‘Auto.’ Kemudian, buka kembali ke More Settings > Outgoing Server lalu check kotak “My outgoing server uses the same authentication as my incoming server”. Apabila Anda memilih “remember your password” maka Anda tidak perlu mengetik password setiap kali Anda mengirim email.
  • Sender matching – pastikan Anda mengirim email menggunakan alamat email Anda yang sama dengan yang akan dilihat nanti oleh penerima email (Jadi JANGAN mengisi data alamat email “from” yang berbeda dengan alamat email yang Anda gunakan untuk outgoing mail settings).
  • Outlook PST files – kadang-kadang juga error 503 disebabkan oleh adanya file corrupt pada file Outlook PST (mail archive). Coba lakukan perbaikan  file ini.
  • Mail Screening – jika setelah melakukan langkah-langkah di atas masih belum juga berhasil, solusi terakhir cek apakah Anda menggunakan program mail screening, misalnya Mail Washer atau program anti virus yang ada fasilitas mail screening. Coba nonaktifkan fasilitas mail screening tersebut.

 

Semoga dengan melakukan langkah-langkah di atas, sekarang program email Anda telah kembali berfungsi normal.

 

 

Share this
25 Oct 2016

Bagaimana untuk memulai sebuah Website?

Setelah anda mendaftar nama domai dan hosting anda, langkah selanjutnya adalah memulai website. IndoSite menyediakan berbagai macam aplikasi untuk di install melalui softaculous seperti codeigniter, CMS (wordpress, joomla), e-Commerce website, forum, dan lain sebagainya. Anda hanya perlu login cPanel dan install aplikasi yang diinginkan.

Anda juga dapat membuat website anda sendiri dengan menggunakan aplikasi dreamweaver dan mengupload file tersebut ke hosting melalui FTP. Untuk membuat website seperti ini, anda perlu mahir dalam bahasa pemrograman dan design.

Share this
25 Oct 2016

Bagaimana cara memilih nama domain?

Untuk membuat website anda dapat diakses via internet, anda harus memilih nama domain yag sesuai dan mendaftarkan domain tersebut. Nama domain adalah nama yang muncul pada url browser anda yang mendeskripsikan tentang instansi perusahaan anda. Contoh : google.com adalah nama domain dari perusahaan google.In this section you will find answers of the following questions:

  • Memilih nama domain yang baik untuk web site anda.
  • Bagaimana cara mendaftarkan nama domain tersebut.

Memilih nama domain untuk web site anda

Sudah ada lebih dari 50juta domain yang terdaftar di dunia ini dan tiap harinya ada 10000 lebih domain yang di daftarkan. Mungkin akan sulit bagi anda untuk menemukan nama yang tepat untuk website anda. Jangan berkecil hati dengan pernyataan tersebut, dan jadilah kreatif.

Anda dapat menggunakan kombinasi dari semua karakter (huruf, angka, tanda hubung) untuk nama domain anda. Panjang dari nama domain anda dapat bervariasi, tapi umumnya harus minimal 3 -67 karakter.

Ada beberapa tips untuk memilih nama domain :

  1. Mulai pikirkan kata yang sesuai untuk domain anda
    • list-kan banyak kata yang anda pikirkan yang sesuai untuk nama domain.
    • list-kan banyak kata yang sesuai dengan isi dari website anda.
  2. Buatlah kombinasi yang berbeda dari kata-kata yang sudah anda list tadi.
  3. Pilih beberapa kombinasi yang anda sukai untuk nama domain anda.
  4. Mulailah mencari ketersediaan domain tersebut.
  5. Jika anda melakukan bisnis online, segera daftarkan nama domain anda dengan extension (e.g .com, .net, .biz, dll) yang tersedia
  6. Jika nama domain yang anda pilih sudah digunakan, cobalah lakukan dengan kombinasi berikutnya.

Bagaimana cara mendaftarkan nama domain

Setelah anda memilih nama domain untuk website anda, anda diharapkan untuk mendaftarkan nama domain tersebut. selanjutnya, anda perlu mencari hosting provider yang anda inginkan untuk mendaftarkan nama domain tersebut.

IndoSite menyediakan pendaftaran nama domain indonesia dan luar negri. Untuk pendaftaran domain indonesia, dimohon untuk menyertakan SIUP, NPWP, dan KTP ketika melakukan order.

Share this
20 Oct 2016

Statistik penggunaan akun cPanel

Pada menu cPanel di sebelah kiri ada bagian statistik dari akun cPanel anda. Disana, anda dapat memonitor penggunaan akun anda.

Screen Shot 2013-09-06 at 9.43.29 AM

Hal-hal yang dapat kita liat adalah sebagai berikut :

  • Main Domain : Nama domain anda
  • Home Directory : DIrektori home anda
  • Last Login From : menampilkan IP dari komputer yang terakhir kali mengakses cPanel
  • CPU Usage : Penggunaan CPU akun anda
  • Virtual Memory Usage : Penggunaan virtual memory anda
  • Physical Memory Usage : Penggunaan fisikal memori anda
  • I/O usage : menampilkan penggunaan input output
  • DIsk Space Usage : menampilkan penggunaan disk yang digunakan akun anda
  • Monthly bandwidth Transfer : menampilkan konsumsi harian bandwidh akun anda. Hal ini menjumlahkan trafik masuk dan trafik keluar.

Untuk melihat status yang lainnya dari akun anda, klik tombol Expand Stats.

 

 

Share this
29 Sep 2016

Email Clients : Microsoft Outlooks

Pada tutorial ini, saya menjelaskan konfigurasi email dengan memggunakan Outlook for Mac. Namun konfigurasi untuk Outlook pada umumnya sama. Jadi silahkan, ikuti petunjuk dibawah ini untuk konfigurasi email dengan Microsoft Outlook.

  • Buka Outlook dan klik menu Email Account.
  • Kemudian Masukkan alamat email anda beserta passwordnya.

Screen Shot 2013-09-04 at 3.01.40 PM

  • Kemudian masukkan username anda (alamat lengkap email anda)
  • Pilih salah satu dari IMAP/POP3 dan masukkan incoming & outgoing servernya. Pastikan server dan port yang anda masukkan sesuai dengan konfigurasi email.
  • Jika semua kolom sudah diisi, klik tombol Add Account.
  • Pastikan untuk mengaktifkan SMTP Authentication (Use Incoming Server Info). Untuk mengaktifkannya dapat dilihat pada halaman ini.
Share this
29 Sep 2016

Bagaimana merubah password E-Mail

Sangatlah mudah untuk merubah password email anda melalui cPanel. Anda dapat melakukan update ini bahkan ketika anda lupa password anda sekarang. Untuk merubah password tersebut, silahkan ikuti langkah-langkah sebagai berikut :

  • Login ke halaman cPanel anda.
  • Dari home cPanel, anda harus mengklik ikon Email Account pada category Mail.
  • Dari menu mail, pilih change password disebelah email yang anda inginkan untuk di modifikasi.

Screen Shot 2013-09-04 at 1.08.45 PM

  • Panel baru akan terbuka. Masukkan password baru anda dan klik Change Password untuk menyimpannya.

 

Share this
29 Sep 2016

Email Account

Membuat Akun E-Mail

Anda dapat dengan mudah membuat akun e-mail dari control Panel hosting anda. Langkah-langkah yang anda perlukan untuk membuat akun e-mail adalah sebagai berikut :

  • Login ke cPanel anda.
  • Ketika anda berhasil login, klik icon Email Account pada category Mail.

Screen Shot 2013-09-03 at 4.13.01 PM

  • Isi akun email anda, password, dan besar space yang diperlukan pada kolom yang tersedia.

email_3

  • Klik tombol create account untuk membuat mailbox.

Anda akan dialihkan ke halaman yang menanyakan konfirmasi anda. klik yes untuk membuat akun email.

Bagaimana cara menghapus akun e-mail

Tidak ada masalah jika anda ingin menghapus akun email anda. Untuk menghapus akun email yang anda inginkan, cukup klik tombol Delete disebelahnya.

Screen Shot 2013-09-04 at 11.51.18 AM

Anda akan dialihkan ke halaman yang membutuhkan konfirmasi anda. Klik Yes jika anda yakin untuk menghapus akun tersebut.

Share this

© 1996 - 2019 Web Hosting Murah IndoSite.com.

All rights reserved.

Click Me