06 Dec

17 Faktor Penentu Ranking Google

SEMrush, perusahaan penyedia tool SEO terkemuka yang digunakan oleh sekitar 1,5 juta Internet marketer di seluruh dunia, di akhir tahun 2017 ini telah merilis hasil risetnya yang ke-2 tentang faktor-faktor yang menentukan ranking Website dalam search engine terutama Google. Berdasarkan hasil riset SEMrush yang ke-2 ini ada sebanyak 17 faktor yang menentukan ranking Website. Sedangkan pada hasil riset SEMrush yang pertama, yang dikeluarkan pada pertengahan 2017 ada sebanyak 12 faktor penentu.

Pada riset yang kedua ini, SEMrush telah menganalisa sebanyak 600.000 keyword dari seluruh dunia dan posisi 100 SERP pertama pada setiap keyword. Kemudian setiap halaman Website hasil pencarian dianalisa faktor-faktor berikut:

  • On-page factors
  • Backlink profiles
  • Traffic data

Pada riset itu juga dilakukan pengelompokan berdasarkan volume keyword sebagai berikut:

  • Low volume (1 – 100)
  • Mid volume (101 – 1.000)
  • High volume (1.001 – 10.000)
  • Very high volume (10.001+)

Dari hasil riset kedua ini disimpulkan:

  1. Trafik langsung (direct Website trafics) masih menjadi faktor yang sangat penting. Ini artinya banyaknya user yang secara langsung mengakses ke Website merupakan sinyal bagi Google bahwa Website tersebut mempunyai nilai.
  2. Perilaku user, seperti lama waktu mengakses, jumlah halaman yang dibuka, dan bounce rate (prosesntase pengunjung yang meninggalkan Website Anda setelah hanya membuka satu halaman saja) juga sangat menentukan ranking, yang mengindikasikan kualitas Website dan relevansi bagi pengakses.
  3. Backlink factors juga merupakan penentu ranking yang sangat penting. Kecuali faktor yang berhubungan dengan anchor teks, seluruh backlink factor menempati lima faktor terpenting dalam hasil riset ini.
  4. Semua backlink factors berpengaruh satu sama lain. Jadi posisi ranking Website Anda tidak akan berubah jika Anda hanya menaikkan satu backlink factor sementara yang lain diabaikan.
  5. Brand keyword akan mengasilkan Website yang relevan, tapi Website yang kurang terkenal bisa pada posisi pertama.
  6. Pada kelompok high-volume keyword, mayoritas domain menggunakan HTTPS. Akan tetapi pada low-volume keyword, masih belum banyak yang menggunakan HTTPS. Jadi menggunakan HTTPS memberikan keuntungan yang besar untuk menyisihkan para pesaing. Untungnya Anda yang menggunakan Web Hosting dari IndoSite.com, saat ini seluruh paket hosting sudah dilengkapi dengan fasilitas SSL, tinggal Anda menggunakannya.
  7. On-page SEO factors seperti adanya keyword dalam judul (title), meta description dan body kurang penting dibandingkan dengan faktor-faktor lainnya, tapi masih berperan dalam SEO — penggunaan keyword adalah salah satu teknik SEO yang banyak digunakan.

Ke-17 faktor hasil riset tersebut selengkapnya adalah:

  1. Direct website visits
  2. Time on site
  3. Pages per session
  4. Bounce rate
  5. Total referring domains
  6. Total backlinks
  7. Total referring IPs
  8. Total follow-backlinks
  9. Content length
  10. Website security (HTTPS)
  11. Total anchors
  12. Keyword in anchor
  13. Keyword in body
  14. Keyword density
  15. Keyword in title
  16. Keyword in meta
  17. Video on page

 

Pengunjung Website

Salah satu indikator utama popularitas Website adalah jumlah pengunjung, karenanya banyaknya pengunjung langsung ke Website Anda ini menjadi faktor utama ranking. Ada banyak cara pengunjung sampai ke Website Anda: organic search, iklan berbayar, social
networks, direct visits, referring domains, emails, dan sebagainya.

Dari hasil riset, adanya hubungan yang sangat erat antara direct visit dengan posisi SERP. Hal ini menunjukkan bahwa Google memprioritaskan yang mempunyai banyak penunjung langsung (direct visit) terutama dalam merangking high-volume keyword. Dengan demikian, Anda jangan hanya fokus pada organic ranking, tetapi juga perlu membangun brand yang kuat dalam strategy promosi Anda.

Perilaku Pengunjung

Dalam riset tersebut perilaku pengnjung yang diteliti adalah bounce rate, lama pengunjung membaca Website dan berapa banyak halaman yang dibuka.

Dari hasil riset menunjukkan bahwa ranking tertinggi mempunyai bounce rate yang rendah. Bounce rate yang tinggi menunjukkan isi Website tersebut tidak relevan dengan keyword yang dicari oleh pengunjung. Sedangkan pengunjung yang berlama-lama membaca halaman Website akan memberikan ranking yang tinggi. Begitu juga dengan jumlah halaman Website yang dibuka, semakin banyak semakin menaikkan ranking SERP.

Faktor Backlink Profile

Ada enam faktor backlink profile yang diamati SEMrush, yaitu:

  • Jumlah referensi domain
  • Jumlah backlink
  • Jumlah referensi IP
  • Jumlah follow-backlink
  • Jumlah anchor
  • Keyword pada anchor

Telah dikonfirmasi oleh Google, bahwa backlink yang kuat sangat penting untuk ranking Website.

Semua faktor backlink tersebut saling terkait satu sama lain, sehingga hanya mengoptimasi salah satu dari faktor tersebut tidak akan dapat menaikkan ranking. Fokuslah pada backlink alami dan coba berbagai strategi link-building.

High-volume keyword kompetisinya sangat tinggi, sehingga posisi teratas akan ditempati oleh Website yang mempunyai backlink sangat banyak.

Keamanan Website

Sejak beberapa tahun terakhir ini Google telah menyampaikan ide agar Website lebih aman, sehingga pemakai Internet terjamin keamanannya. Dengan menerapkan HTTPS pada Website Anda, maka Anda ikut proaktif untuk melindungi keamanan pengakses Website Anda. Dengan sedikit tambahan biaya atau bahkan gratis (sekarang Hosting IndoSite sudah memberikan fasilitas HTTPS gratis untuk seluruh paket hosting), Anda sudah dapat menaikkan ranking Website Anda di mata Google.

Dari hasil riset, pada high-volume keyword yang menduduki ranking teratas adalah Website yang telah menggunakan HTTPS. Sedangkan pada low-volume keyword, penggunaan HTTPS ini belum begitu tinggi sehingga penggunaan HTTPS akan sangat tinggi nilainya untuk menaikkan ranking.

Panjang Artikel

Panjang artikel atau banyaknya kata dalam satu halaman menunjukkann bahwa halaman Website tersebut bisa menyampaikan analisa secara detil. Seberapa panjang isi sebuah halaman Website yang ideal? Ini masih menjadi perdebatan, tetapi yang paling penting adalah kualitas dan relevansi isi terhadap topik atau keyword pada halaman tersebut.

Dari hasil riset, posisi ranking tinggi ditempati oleh Website yang mempunyai artikel lebih panjang, bernilai, ditulis dengan baik dan teroptimasi. Hasil riset juga menunjukkan bahwa semakin sempit keyword (dua atau tiga kata) ditempati oleh halaman Website yang analisanya lebih detil dibandingkan dengan keyword yang lebar (lebih dari tiga kata).

On-Page SEO Elements

Berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya, sekarang ini kualitas isi artikel memiliki ranking yang lebih tinggi dibandingkan dengan membanjiri keyword pada halaman Website. Adanya video juga bisa menjadi andil untuk menaikkan ranking, meskipus tidak terlalu besar.

Dari hasil riset, lebih 75% pada top-20 mempunyai keyword pada isi artikel dan lebih 60% memiliki keyword pada judul (title). Jadi walaupun keyword bukan merupakan faktor yang signifikan, adanya keyword pada judul dan isi artikel masih tetap diperlukan. Dan paling penting adalah isi artikel secara keseluruhan sangat berkaitan dengan keyword yang menjadi target.

Kesimpulan

Dari hasil riset SEMrush kedua ini, untuk mencapai posisi SERP teratas maka hal penting yang perlu menjadi perhatian utama Anda adalah menaikkan jumlah pengunjung langsung, perilaku pengunjung dan banyaknya domain yang mereferensikan Website Anda. Namun demikian, Anda masih tetap untuk memasukkan keyword yang menjadi target Anda kedalam title dan body artikel.

 

Referensi: https://www.semrush.com/ranking-factors/

 

Share this