25 Oct

Bagaimana cara memilih nama domain?

Untuk membuat website anda dapat diakses via internet, anda harus memilih nama domain yag sesuai dan mendaftarkan domain tersebut. Nama domain adalah nama yang muncul pada url browser anda yang mendeskripsikan tentang instansi perusahaan anda. Contoh : google.com adalah nama domain dari perusahaan google.In this section you will find answers of the following questions:

  • Memilih nama domain yang baik untuk web site anda.
  • Bagaimana cara mendaftarkan nama domain tersebut.

Memilih nama domain untuk web site anda

Sudah ada lebih dari 50juta domain yang terdaftar di dunia ini dan tiap harinya ada 10000 lebih domain yang di daftarkan. Mungkin akan sulit bagi anda untuk menemukan nama yang tepat untuk website anda. Jangan berkecil hati dengan pernyataan tersebut, dan jadilah kreatif.

Anda dapat menggunakan kombinasi dari semua karakter (huruf, angka, tanda hubung) untuk nama domain anda. Panjang dari nama domain anda dapat bervariasi, tapi umumnya harus minimal 3 -67 karakter.

Ada beberapa tips untuk memilih nama domain :

  1. Mulai pikirkan kata yang sesuai untuk domain anda
    • list-kan banyak kata yang anda pikirkan yang sesuai untuk nama domain.
    • list-kan banyak kata yang sesuai dengan isi dari website anda.
  2. Buatlah kombinasi yang berbeda dari kata-kata yang sudah anda list tadi.
  3. Pilih beberapa kombinasi yang anda sukai untuk nama domain anda.
  4. Mulailah mencari ketersediaan domain tersebut.
  5. Jika anda melakukan bisnis online, segera daftarkan nama domain anda dengan extension (e.g .com, .net, .biz, dll) yang tersedia
  6. Jika nama domain yang anda pilih sudah digunakan, cobalah lakukan dengan kombinasi berikutnya.

Bagaimana cara mendaftarkan nama domain

Setelah anda memilih nama domain untuk website anda, anda diharapkan untuk mendaftarkan nama domain tersebut. selanjutnya, anda perlu mencari hosting provider yang anda inginkan untuk mendaftarkan nama domain tersebut.

IndoSite menyediakan pendaftaran nama domain indonesia dan luar negri. Untuk pendaftaran domain indonesia, dimohon untuk menyertakan SIUP, NPWP, dan KTP ketika melakukan order.

Share this