27 Sep

Bagaimana cara mengakses control panel (cPanel) saya?

cPanel adalah control panel untuk sebagian besar fungsi teknis akun web hosting anda. Dengan menggunakan control panel, anda dapat mengatur email, database, subdomain, install scripts dan aplikasi, cek status, dan sebagainya.

Dalam bagian ini anda akan menemukan jawaban dari pertanyaan sebagai berikut :

Bagaimana mengakses ke cPanel?

Untuk mengakses ke cPanel, anda perlu melakukan login ke member area terlebih dahulu. Jika anda belum paham mengenai cara login ke halaman member area, silahkan baca tutorial bagaimana cara mengakses halaman member area.

Jika anda sudah berhasil masuk ke halaman member area, klik My Services pada sub menu Services. Maka akan muncul halaman seperti ini :

Screen Shot 2013-09-03 at 3.18.57 PM

Pilih nama domain yang anda inginkan kemudian klik View Details untuk melihat details dari domain tersebut. Kemudian akan muncul halaman seperti dibawah ini :

Screen Shot 2013-09-03 at 3.30.56 PM

 

 

Klik tombol login to cPanel untuk akses ke halaman cPanel.

Anda juga dapat melakukan akses ke halaman cPanel melalui link : www.domain.com/cpanel

Mohon diingat bahwa jika anda salah memasukkan password cPanel sebanyak 5x, maka IP anda akan terblokir. Jika terjadi demikian, diharapkan untuk menghubungi bagian support untuk unblock IP tersebut.

Catatan : untuk pengguna firefox, akan terlihat peringatan Untrusted Connection. Pilih I Understand the Risks dan klik Add Exception. Kemudian akan muncul jendela baru, Klik Confirm Security Exception.

cPanel Username & Password

Anda akan mendapatkan username dan password cPanel anda dari e-mail yang kami kirimkan ketika hosting anda sudah kami verifikasi.

Anda juga dapat melihat username dan password cPanel anda pada halaman member area dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut :

  • Klik My Services pada submenu Service.
  • Kemudian, pilih hosting yang anda inginkan untuk dilihat akses cPanelnya.
  • Klik View Details.
  • Kemudian klik tab Change Password.

Pada kolom pertama terlihat username & password cPanel anda. Anda juga dapat merubah password cPanel anda dengan langsung memasukkan password baru pada kolom yang tersedia.

Screen Shot 2013-09-03 at 3.41.17 PM

catatan :  jika anda merubah password pada halaman ini tidak akan berpengaruh pada password anda untuk akses ke halaman member area. Untuk merubah password akses ke halaman member area, silahkan menuju halaman ini.

Pastikan anda rajin merubah password cPanel anda untuk keamanan website anda.

Bagaimana menggunakan cPanel?

cPanel adalah suatu tool yang user-friendly  dan kuat dimana dalam waktu yang sama akan membantu Anda mengelola akun hosting Anda dengan mudah.

Anda dapat melihat tutorial cPanel untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan cPanel.

Share this