14 Nov

Cara Mencegah Spam Masuk Email Anda

Siapapun yang memiliki alamat email pasti pernah atau sering menerima spam email. Spam memang tidak bisa dihindari, tapi setidaknya kita bisa mencegahnya. Cara mencegah spam yang ampuh adalah “Bagaimana agar email Anda tidak sampai ke para spammer?”.

 

Bagaimana Spammer Mendapatkan Email Anda?

Biasanya spammer akan segera mengirim email sampah ke alamat email Anda bila:

  • Anda menulis alamat email Anda kedalam Website publik (pada Website Anda, forum, social media, dsb.).
  • Anda berlangganan berbagai newsletter dan Anda setuju pada agreement tanpa Anda membacanya dengan teliti (misalnya Anda setuju untuk menerima email promosi).
  • Anda menerima email dari seseorang yang tidak Anda kenal dan Anda membukanya. Kalau email yang Anda buka menggunakan format HTML, begitu Anda membuka email itu maka spammer akan mengetahui bahwa alamat email itu adalah real, sehingga spammer akan terus mengirimi Anda email spam.
  • Level security browser Anda diset untuk menerima berbagai cookies dan controls, atau Anda dengan mudah menyetujui memasang atau menginstall file semacam itu.
  • Anda mengklik link atau attachement pada email yang Anda buka, meskipun Anda tidak kenal siapa yang mengirimnya.
  • Anda tidak menginstall program antivirus, atau menginstallnya tapi tidak pernah diupdate.

Secara teori kelihatannya sederhana, Anda tidak melakukan semua yang saya sebutkan di atas dan Anda terhindar dari spam. Pada kenyataannya, tidaklah mudah. Anda perlu berkomunikasi dengan orang lain melalui email, dan karenanya Anda memiliki alamat email. Anda pasti ingin menggunakan alamat email itu secara maksimal, bukan disembunyikan.

 

Cara Mencegah Spam Masuk Kedalam Email Anda

Berikut ini adalah 13 cara untuk mencegah agar spam tidak masuk kedalam email Anda, atau setidaknya untuk menghindari email Anda dari serbuan spam.

  1. Setidaknya Anda mempunyai dua account email. Satu account email digunakan untuk komunikasi publik (forum, komunitas, kartu nama, Website, social media, dll.) dan satu account email lagi untuk berkomunikasi dengan kontak yang sudah Anda percaya. Gunakan selalu email publik untuk registrasi account Internet. Dengan cara ini, memang Anda masih menerima spam pada email publik, tapi Anda juga punya email yang sedikit spam pada account email khusus.
  2. Kalau Anda ingin mencantumkan alamat email pada halaman Website, gunakan trik cheat spam spiders. Jangan tulis alamat email Anda seperti “[email protected]” tapi tulis dengan “budi_at_domain_dot_com”. Orang akan mengerti dengan alamat email yang ditulis seperti itu, tapi robot tidak akan memahaminya. Alternatif lain, gunakan image transparan untuk alamat email Anda (jadi Anda tidak menulis alamat email Anda).
  3. Baca Terms & Conditions. Ketika Anda berlangganan newsletter atau membuat account pada Website, baca Terms & Conditions dan jangan menyetujui pengiriman email yang tidak perlu. Jangan pilih untuk menerima promosi lewat email.
  4. Jika program email yang Anda gunakan ada pilihan plain text, set program email untuk menerima dan menampilkan email sebagai plain text, bukan sebagai HTML.
  5. Ketika menerima email spam, jangan melakukan atau mengklik unsubscribe. Kalau Anda tidak subscribe, maka tidak perlu unsubscribe. Banyak spammer yang mengirim email sampah dengan menambahkan link unsubscribe. Kalau Anda mengkliknya, maka spammer tau kalau email Anda aktif dan akan terus mengirimi spam.
  6. Jangan gunakan autoresponder. Dengan autoresponder, spammer akan tahu bahwa email sampah yang dia kirim sampai ke alamat email yang benar, sehingga dia akan terus mengirimi spam ke alamat email Anda.
  7. Jangan mengklik link, image atau attachment yang diterima dari sumber yang tidak dipercaya.
  8. Jangan menerima plug-in atau komponen ActiveX yang menggunakan invalid certificates.
  9. Set security browser Anda untuk tidak menerima 3rd party cookies (pada Internet Explorer setidaknya set ke Medium Level).
  10. Gunakan Live Update. Update sistem operasi, browser Internet dan software email client sesering mungkin. Spammer dan virus sering memanfaatkan celah keamanan komputer Anda.
  11. Gunakan program antivirus dan periksa update setiap hari. Spammer dan virus bergandengan tangan untuk mencari celah pada komputer Anda.
  12. Lapor spam. Melaporkan spam tidak menghentikan spam, tapi akan membantu team ahli untuk membuat software lebih baik.

Semoga dengan tip yang saya sampaikan di atas, spam yang masuk ke email Anda akan semakin berkurang.

 

Share this