01 Mar

Cara Posting Artikel pada WordPress

Agar manfaat Website maksimal, maka Website perlu diupdate secara teratur. Diupdate di sini artinya ada tambahan artikel baru minimal satu minggu sekali.

Hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum posting artikel adalah:

  1. Teks artikel atau informasi yang akan diposting (diupload). Bisa diketik menggunakan menggunakan teks editor atau Word Processor. Panjangnya sekitar satu sampai dua halaman.
  2. Gambar (foto) yang akan dijadikan feature image atau image yang ada di dalam artikel. Ukuran gambar (foto) ini sebaiknya dibuat panjang 800 pixel dan lebar 600 pixel. Simpan gambar dalam format JPG. Agar ukuran file gambar kecil, sebaiknya gambar dikompres secara online menggunakan TinyJPG.

Setelah teks dan gambar siap, tinggal posting (diupload) ke Website. Menambah artikel, atau istilahnya posting artikel pada Website yang menggunakan WordPress bisa dilakukan dengan mudah. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Login ke WordPress.
  2. Setelah login, maka akan muncul Dashboard WordPress. Cari dan klik menu Post yang ada di sisi kiri.
  3. Klik link Add New yang ada di bawah menu Post.
  4. Isi judul artikel pada kotak yang ada teks Add title.
  5. Ketik isi artikel pada kotak dialog yang ada di bawah judul. Jika perlu menambahkan gambar, klik tombol Add Media (ada di atas kotak dialog teks). Gambar bisa menggunakan yang sudah ada di Media atau upload gambar baru. Jika upload gambar baru, disarankan ukuran gambar/foto sudah diperkecil (bagian panjang foto sekitar 800 pixel sampai 1200 pixel).
  6. Pilih kategori artikel. Dengan mencentang kotak Categories yang sesuai (bisa memilih lebih dari satu kategori).
  7. Tambahkan gambar feature dengan mengklik kotak Set featured image. Pilih image yang ada di Media atau upload image baru.Jika upload gambar baru, disarankan ukuran gambar/foto sudah diperkecil (bagian panjang foto sekitar 800 pixel sampai 1200 pixel). Feature image ini akan muncul di halaman yang memuat indeks artikel, dan juga di atas artikel.
  8. Simpan atau publish artikel dengan mengklik tombol Publish.
  9. Setelah mengkklik tombol Publish, maka artikel sudah selesai diposting dan bisa diakses. Cobalah akses artikel yang baru Anda posting tersebut.
  10. Jika artikel yang sudah diposting perlu dikoreksi, maka Anda tinggal mengklik menu Edit Post yang ada di sebelah atas layar.

Itulah cara memposting artikel pada Website yang menggunakan WordPress. Gampang bukan.

Share this