25 Oct

CHMOD File melalui FTP

Tutorial ini akan menjelaskan bagaimana merubah hak akses (permission) file anda melalui FTP. Anda dapat juga cek tutorial kami mengenai hak akses file melalui tool FileManager pada halaman cPanel.

Apa itu CHMOD?

CHMOD adalah perintah UNIX yang dapat mengubah mode dari sebuah file. Ada 3 mode yang dapat diaktifkan atau di non aktifkan, yaitu : read (baca), write (tulis), dan eksekusi (execute). Masing-masing mode dapat di set untuk owner (pemilik), member dari grup owner, atau semua user.

Bagaimana cara menggunakan CHMOD?

Ketika anda selesai mendownload dan menginstall FTP Client, konek ke FTP akun anda. (jika anda menggunakan akun IndoSite.com, gunakan username dan password cPanel anda).

Setelah terkonek, anda akan dilokasikan ke file/folder, dimana anda menginginkan untuk dirubah hak aksesnya. Sebagai contoh, Kita menginginkan perubahan hak akses pada folder public_html/img dan semua folder yang ada di dalamnya.

Klik kanan pada folder yang diinginkan. Kemudian akan muncul menu baru. Kemudian, klik File Manager/Properties.

Screen Shot 2013-09-10 at 11.25.30 AM

 

Sebuah jendela baru akan muncul. Pada jendela ini, anda dapat mengubah hak akses dari folder tersebut sesuai dengan yang diinginkan. Kolom “Numeric Value” akan secara otomatis berubah jika anda melakukan perubahan. Klik OK jika anda yakin dengan perubahan anda.

 

Share this