25 Oct

FTP Client

How to use FTP for File Transfer?

To transfer files via File Transfer Protocol (FTP), you need to establish an FTP connection. To make an FTP connection you can use a standard Web browser (Internet Explorer, Mozilla Firefox, etc.) or an FTP Client. To transfer a file with FTP you need to have an FTP accounts for the web space you are going to transfer the file to. FTP hosting account where you plan to upload your files. You can also create additional for other users.

When using a web browser for an FTP connection, FTP uploads are sometimes very slow, and downloads are not protected (not recommended for uploading or downloading large files).

FTP Client Software

FTP Client adalah software yang dirancang untuk mentransfer file secara bolak-balik dari 2 komputer melalui internet. FTP Client perlu di install pada komputer anda dan hanya dapat digunakan jika ada koneksi internet.

Dengan menggunakan FTP Client (seperti FileZilla) proses upload/download file sangatlah mudah. Selanjutnya, FTP Client memiliki fitur ekstra. Sebagai contoh, anda dapat melanjutkan download yang tidak dinyatakan berhasil. Ini merupakan fitur yang cukup baik untuk orang yang menggunakan koneksi internet yang lambat.

Desain yang digunakan FTP Client biasanya dipisahkan menjadi dua panel, yaitu panel yang disebelah kiri yang menampilkan file dan folder pada komputer anda dan panel yang ada di sebelah kanan yang menampilkan file yang ada pada server anda.

FTP File Transfer

File transfer dilakukan dengan melakukan ‘drag and drop’ file dari satu panel ke panel lainnya. Tambahan fitur yang dimiliki FTP Client adalah dapat mengirimkan file yang banyak dalam satu waktu, memulai kembali transfer filenya, antrian file, dan lainnya.

Anda dapat melihat tutorial untuk melakukan transfer file dengan menggunakan FileZilla

Share this