20 Oct

Keamanan E-mail

Hal yang paling penting dalam Keamanan E-Mail adalah melindungi rincian login e-mail dan pesan. Hal ini sangat penting karena risiko keamanan terjadi selama transmisi data, teruutama pada jaringan mobile dan nirkabel(wireless). Untuk tujuan ini disarankan untuk menggunakan enkripsi saat memeriksa/mengirim e-mail. Hal ini dapat dicapai dengan menggunakan :

  • Secure IMAP (IMAPs). Hal ini digunakan untuk mengenkripsi komunikasi yang masuk dari server mail. Bacalah tutorial ini untuk mengaktifkan keamanan di Outlook, Outlook Express, Thunderbird, dan Mac Mail.
  • Secure POP3s (POP3s). Hal ini digunakan untuk mengenkripsi komunikasi yang masuk dari server mail. Bacalah tutorial ini untuk mengaktifkan keamanan di OutlookOutlook ExpressThunderbird, dan Mac Mail.

Catatan : Perbedaan antara IMAPs dan POP3s adalah sama seperti perbedaan standar untuk protokol IMAP dan POP3. IMAPs meninggalkan pesan di server. Hal ini lebih cepat karena tidak men-download- semua pesan tetapi hanya header-nya saja. Selanjutnya, lebih disukai dalam hal keandalan. Ketika komputer lokal anda crash, mail anda tidak akan hilang jika anda telah menggunakan IMAPs. Di sisi lain, POP3s mendownload seluruh pesan dan menyimpannya secara lokal. Itula mengapa lebih lambat dan kurang dapat diandalkan.

  • Secure SMTP (SMTPs). Hal ini digunakan untuk mengenkripsi komunikasi yang keluar dari server mail. Bacalah tutorial ini untuk mengaktifkan keamanan di OutlookOutlook ExpressThunderbird, dan Mac Mail.
  • Secure HTTP (HTTPs). Hal ini digunakan untuk mengecek Webmail anda. Biasanya available pada halaman URL yang mirip dengan https://domainanda.com/webmail.

Hal selanjutnya yang harus anda ketahui tentang Keamanan E_mail adalah bagaimana cara melawan E-Mail SPAM dan VIrus. Dibawah ini adalah tips-tips untuk mengantisipasi hal tersebut :

  • Pastikan anda memiliki antivirus yang paling update.
  • Update Email CLient and a ke versi yang paling terkini. Jika anda memiliki masalah dalam proses update dengan email client anda, cobalah program Thunderbird yang gratis. Virus banyak menargetkan program email yang sudah tidak update-update.
  • Jangan membuka email yang berisi file yang mencurigakan walaupun nama pengirimnya adalah orang yang anda kenal.
  • Hindari berlangganan newsletter gratis, undian atau kegiatan sejenis lainnya. Hal ini biasanya menghasilkan peningkatan jumlah pesan spam dalam kotak masuk Anda.

Bacalah tutorial lain mengenai keamanan E-mail dibawah ini :

Share this