24 Feb

Seputar SMTP

SMTP adalalah kepanjangan dari Simple Mail Transfer Protokol, yang merupakan salah satu protokol yang digunakan untuk mengirim email dari komputer ke server email internet. Setting SMTP digunakan untuk mengkoneksikan email kita (yahoo mail, gmail, atau email domain sendiri) dengan program email yang ada pada komputer lokal (outlook express, Mail, thunderbrid, dan lain lain) maupun handphone.

Untuk mempercepat terkirimnya email, ada baiknya anda menggunakan SMTP/POP3 sesuai dengan ISP anda. Untuk melihat detail lebih lanjut silahkan baca list SMTP dan POP3 yang ada di Indonesia.

Siapa penanggung jawab terkirimnya email?

Terkirim atau tidaknya email anda tergantung pada kehandalan SMTP yang anda gunakan. Contoh : outgoing yang anda gunakan adalah : smtp.telkom.net, maka telkom lah yang bertanggung jawab atas terkirim atau tidaknya email anda. Terganggunya jaringan antara komputer anda dengan telkom atau antara telkom dengan mail server yang dituju juga dapat menyebabkan kegagalan pengiriman email.

Penyebab utama terlambatnya email

Keterlambatan email atau delay email tergantung kepada antrian SMTP yang anda gunakan dan mail server yang dituju. Contoh : outgoing yang anda gunakan adalah : smtp.telkom.net maka tergantung sepanjang apa antrian email yang masuk ke dalam jaringan telkom. Apabila email anda telah berhasil dikirim melalui SMTP telkom, maka selanjutnya waktu tibanya email anda tergantung pada antrian mail server penerima

SMTP Authentifikasi

Beberapa ISP mewajibkan penggunaan SMTP Authentication. Pastikan anda sudah mencentang atau mengaktifkan “authentication” pada aplikasi email anda. Apabila masih gagal, maka kemungkinan besar disebabkan karena koneksi ISP anda gagal melakukan koneksi ke port 25 (port smtp) server, sehingga pengiriman tidak berhasil.

 

Share this